Umat Buddha Menyembah Berhala?

Kebanyakan orang memanadang bahwa agama Buddha adalah salah satu agama yang menyembah arce/ patung (mungkin masih ada agama lain.reg*). Orang berpandangan tersebut karena setiap kali umat Buddha melakukan Ibadah selalu menghadap arca/patung. Tapi coba kalo kita berfikiran positif, mungkin tidak akan terjadi sebuah anggapan tersebut, mungkin juga akan muncul pertanyaan “ mengapa jika umat Buddha melakukan ibadah didepan patung?”. Jika muncul pertanyaan tersebut, maka saya akan sedikit menjelaskan sebenarnya apa makna paung itu sendiri. Patung yang sering diletakkan di altar (tempat meletakkan patung, lilin, bunga dsb*) bukan untuk disembah, saya ulangi lagi, bukan untuk disembah.
Petung dalam umat Buddha digunakan sebagai objek untuk melakukan perenungan dan megningatkan kepada ajaran ajaran luhur sang Buddha (guru agung dalam agama Buddha.reg*) yang digambarkan dalam patung tersebut. Patung atau arca juga dapat berfungsi untuk mengingatkan kita untuk beribadah. Jika anda sibuk, terkadang anda lupa waktu, dan anda juga saat untuk melakukan beribadah. Sekali lagi, patung bukan untuk disembah.
Saya akan memberikan sebuah contoh kasus yang hampir sama. Anda pasti pernah masuk sekolah dasar (SD), SMP, atau Sekolah Menegah Atas . setiap hari senin, biasanya di sekolah diadakan upacara bendera. Pada saat pengibaran bendera, anda mendengarkan aba-aba untuk hormat kepada kain yang diarik dari bawah ke atas. dalam melakukan penghormatan tersebut, anda dalam keadaan sadar penuh, artinya tanpa paksaan dan anda buka sedang mabok. Pertanyaan saya, “kenapa anda menghormat pada kain yang ditarik?”
Dalam bendera tersebut terdapat kenagan perjuangan para pahlawan yang menukarkan nyawanya hanya demi melakukan pengibaran tersebut. Dari situlah kenapa kita menghormat kepada kain yag disebut dengan bendera tersebut. Yang kita hormai bukan kainnya, akan makna dan pelajaran yang terkandng di dalamnya,.. Agama Buddha demikian, kita memasang patung di alatar bukan untuk disembah tapi unuk meberikan penghormatan dan sebagai objek sembayang, serta sebagai contoh dari tingkannyal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar