Lima langkah Bahagia



Kebahagiaan adalah sebuah angan dan Impian bagi semua makhluk yang berada di jagad raya ini. Tak seorang pun menolak untuk hidup berbahagia. Keabahgiaan bukan hanya di hitung dari materi yang kita punya, melainkan dari kondisi batin kita yang tenang tanpa kebencian dan permusuhan, hati yang penuh kasih kepada sesama, itulah kebahagiaan.


Dalam artikel ini saya akan memaparkan lima langkah untuk menuju kebahagiaan. Lima langkah ini dalam Buddhisme di sebut Pancasila Buddhis. Mari kita mulai;


1.      Berlaihlah untuk mengurangi pembunuhan makhluk hidup.;


·         Semua makhluk hidup mempunyai angan dan impian dalam hidup, seperti halnya Anda. Anda ingin punya anak, melihat anak-anak Anda tumbuh dewasa, ingin mempunyai rumah yang mewah, ingin mempunyai mobil dan sebagainya, makhluk lain juga begitu, jangan putuskan angan mereka dengan anda mengambil nyawanya unuk kepentingan yang tidak berguna. Bayangkan jika yang anda bunuh adalah anda, yang punya anak dan punya keluarga. Kasihilah mereka, maka mereka akan mengasihi anda.


2.      Berlatihlah untuk menghindari mengambil barang yang tidak diberikan (mencuri)


·         Mencuri berarti memberikan penderitaan bagi orang yang dicuri. Dia akan merasa sangat kecewa karena dia telah kehilangan salah satu barang yang ia cintai. Ia kecewa karena barang tersebut akan dipakainya untuk keperluanya nanti, atau untuk keperluan anak-anaknya atau bahkan untuk keperluan penting lainya. Bayangkanlah jika barang kesayangan anda dicuri oleh orang lain padahal arang tersebut adalah barang satu-satunya yang akan anda jual untuk pengobatan keluarga Anda yang sedang kritis di rawat di rumahsakit


3.      Berlatih untuk menghindari perbuatan Asusila


·         Diamnapun anda tinggal, perbuatan ini akan sangat tidak terpuji. Kenapa?” banyak kasus pada akhir-akhir ini pembunuhan pada bayi karena hamil di luar nikah. Banyak orang yang bunuh diri karena pasangan tidak mau bertanggung jawab. Dan banyak kasus pembunuhan karena perselingkuhan dalam keluarga. Belajarlah untuk menghindari perbuatan ini, karena perbuatan ini juga akan menimbulkan kemelekatan yang akan berbuah pada penderitaan. Ingat jika Anda laki-laki dan suka bermain perempuan, salah satu buah dari karma buruk anda adalah terlahir sebagai banci.


4.      Berlatih untuk menghidari ucapan yang tidak benar (berbohong)


·         Berbohong adalah mengatakan sesuatu tidak sesuai kejadian dan kenyataan yang terjadi. Berbohong dapat berakibat kita tidak dipercaya untuk melakukan sesuatu. Berbohong juga bisa menjerumuskan orang lain kedalam sebuah penderitaan yang semestinya tidak ia alami. Berbicaralah apa adanya, bertanggngjawablah jika memang anda salah… ingat semua kebusukan pasti akan terbongkar, cepat, aau lambat.


5.      Berlaih untuk menghindari minum-minuman yang bisa melemahkan kesadaran (mabuk)


·         Sebauh budaya anak sekarang, mereka akan merasa gagah jika sudah berani meminum minuman tersebut. Padahal ,..NO!!!, tidak demikian. Sadarlah bahwa minuman tersebut bisa melemahkan kesadaran kita terhadap kondisi dunia luar yang kurang bersahabat. Melemahkan kesadaran kita untuk menyadari tentang kebenaran. Menurunkan daya ingat otak dan merusak beberapa oragan tubuh seperti sel otak dan pembuluh paru-paru. Perlu di ingat juga, karma buruk dari perbatan ini bisa mengakibatkan manusia menjadi Gila, baik di kehidupan sekarang, atau kehidupan yang akan dating.


Dengan kita belajar dari kelima latihan diatas, semoga kebahagiaan akan terrealisasikan dan impian Anda setelah hidup di alam manusia ini akan dapat anda capai…..


Untuk panduan yang lainnya akan saya tulis dalam artikel saya mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar